Jumat, 20 Desember 2019

Jelang Tahun Baru 2020, Monas Tampilkan Video Mapping Sejarah Jakarta


JAKARTA - Mendekati tahun baru 2020, Monumen Nasional (Monas) tampilkan video mapping yang didalamnya satu atraksi riwayat perubahan Jakarta dari waktu ke waktu. 

Unit Pengelola Tehnis (UPT) Monas, Isa Sarnuri menjelaskan, Monas adalah satu diantara tujuan penting Ibu Kota yang tunjukkan seni budaya dari tradisiobal sampai kekinian. Adanya video mapping ini menandakam jika satu diantara simbol Ibu Kota itu sudah bertransformasi jadi lokasi wisata digital. 

"Video mapping mengusung narasi tentang arti serta filosofis Monas, relief riwayat Indonesia, diorama museum riwayat nasional, riwayat proklamasi 1945, pembangunan Ibu Kota Jakarta, kebudayaan Betawi, serta semangat berkebangsaan," kata Isa di lokasi Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019). 

Isa menerangkan, Monas dibuat atas inspirasi Presiden Soekarno yang inginkan satu monumen pengingat perjuangan bangsa seperti monumen yang dijumpainya di banyak negara. Lalu, bentuk Monas sendiri adalah kombinasi bentuk lingga serta yoni. Liga dilukiskan dengan tugu obelisk yang menjulang tinggi serta terdapatnya lidah api yang dilapis emas. 

"Filosofinya melambangkan perjuangan yang terus-terusan. Sesaat yoni dalah pelataran cawan yang ada dibawah tugu itu," katanya. Agen Poker

Diluar itu, katanya, Monas melambangkan angka kemerdekaan Indonesia, yakni tinggi cawan ialah 17 mtr. dari permukaan tanah yang melambangkan tanggal kemerdekaan Indonesia. 

Setelah itu, dibagian fundamen monumen pada kedalaman 3 mtr. dibawah permukaan tanah ada Museum Riwayat Nasional dengan ukuran luas 80 × 80 mtr. yang melambangkan bulan kemerdekaan Indonesia. 

"Luas cawan ialah 45 × 45 mtr. yang melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia. Di Museum Riwayat Nasional ada 48 diorama pada ke empat sisinya serta tiga diorama ditengah-tengah. Dioramaini tampilkan riwayat Indonesia," tuturnya. 


Jadi info, penyelenggaraan video mapping Monas dalam Monas Week 2019 akan berjalan mulai tanggal 22 Desember dilanjut 24 Desember sampai 31 Desember 2019. 

Mengenai, waktu atraksi terdiri jadi dua session yaitu jam 19.00 - 19.24 WIB, serta jam 20.00 - 20.25 WIB. Sedang, pada tanggal 31 Desember 2019 jadi lima session atraksi diawali pada jam 19.00 WIB sampai 00.00 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar