Rabu, 18 Desember 2019


Danau Toba, danau paling besar di Indonesia ini simpan banyak keindahan serta misteri. Danau Toba sebetulnya ialah kaldera, danau vulkanik paling besar di dunia, tercipta karena letusan Gunung Api Purba Toba. Di tengahnya ada pulau Samosir, punya panjang 100 km, lebar 30 km dan kedalaman 500 mtr.. 

Danau Toba dikelilingi oleh tujuh kabupaten, dapat diraih dari Medan dengan kira-kira 4 jam perjalanan darat. Tetapi mulai Agustus 2018 ini dengan dibukanya Bandar Udara Silangit, di Siborong-borong, Danau Toba akan semakin gampang diraih. Dari lapangan terbang di Tapanuli Utara ini, Danau Toba dapat diraih cuma dalam 30 menit sampai 1 jam perjalanan darat. 

Danau Toba ada ditengah-tengah alam pegunungan Sumatera Utara. Danau Toba punya pesona yang menarik, di nikmati dari bagian mana saja. Sebab demikian luasnya, satu diantara langkah paling baik untuk nikmati Danau Toba ialah dari ketinggian. Tidak susah, sebab Danau Toba dikelilingi oleh perbukitan cantik. 

Diantaranya, Bukit Holbung yang populer dengan Bukit Teletubbies, di Desa Janjimarhatan, Samosir. Atau Bukit Indah Simarjarunjung di desa Butubayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Simalungun. Bukit Indah Simarjarunjung menyuguhkan rumah-rumah pohon. Landscape Danau Toba serta perbukitan yang mengelilinya dapat di nikmati melintang, tanpa ada rintangan di Bukit Indah Simarjarunjung ini. 

Tidak hanya dua bukit itu, keindahan Danau Toba dapat juga di nikmati lewat Huta Ginjang di Kecamatan Muara, Tapanuli Utara. Huta Ginjang adalah perbukitan yang ditumbuhi pinus, cocok bikin pengunjung yang ingin santai hirup segarnya udara rimba pinus sekalian nikmati keindahan Danau Toba dari atas bukit. Agen Poker Terpercaya

Tidak hanya bukit-bukit yang elok, Danau Toba punya banyak air terjun di sekitarnya. Masih di komplek Danau Toba, air terjun Situmurun Binangalom di desa Binangalom, Lumbanjulu, Toba Samosir. Kata Binangalom datang dari nama satu sungai, yakni Lum. Lum atau Lom dalam bahasa Batak Toba bisa disimpulkan jadi air penyejuk hati. Air terjun ini termasuk unik, sebab airnya langsung jatuh ke Danau Toba. 

Janganlah sampai terlewat , pantai Paropo di kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi. Pikirkan, pantai pada ketinggian, dikelilingi perbukitan hijau di pinggiran Danau Toba. Di pantai ini ada camping ground serta tempat untuk memancing. 

Tidak jauh dari Danau Tobam di Pakpak Barat, ada air terjun Lae Mbilulu. Air terjun ini ada di Desa Prongiljulu, Tinada. Air terjun setinggi 40 mtr. di kaki Bukit Barisan ini konon adalah tempat persembahan buat penunggu air terjun. 

Bertandang ke Danau Toba tidak akan komplet tanpa ada bawa produk ciri khas Toba, ulos. Sekarang kain serta beberapa produk ciri khas Danau Toba semakin komplet adanya Batikta. Ya, Batikta, satu tempat berbelanja produk suvenir serta oleh-oleh yang baru diresmikan. Batikta datang dari kata Batik Ni Huta yang bermakna Batiknya Kita. Batikta lengkapi souvenir ciri khas Danau Toba yang benar-benar kental dengan ciri-ciri Batak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar